top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

Apa sih yang dimaksud "BASIS DATA" ?

Diperbarui: 26 Des 2017

Kamu sedang kuliah di jurusan IT ? Ada tugas tentang basis data namun tidak mengerti tentang apa sih basis data itu ? Mari kita jabarkan secara luas.



Banyak sekali definisi tentang basis data yang diberikan oleh para pakar di bidang ini. Basis data atau juga disebut database, terdiri dari dua penggalan kata yaitu data dan base, yang artinya berbasiskan pada data, tetapi secara konseptual, database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data-data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi.


Ada lagi beberapa pengertian dari basis data, yakni :

  • · Himpunan kelompok data (arsip) yg saling berhubungan yg diorganisasikan sedemikian rupa agar dapat digunakan kembali secara mudah dan cepat

  • · Kumpulan data yg saling berhubungan yg disimpan scr bersama dgn tanpa adanya pengulangan (redundansi) yg tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan

  • · Kumpulan file/tabel/arsip yg saling berhubungan yg disimpan dalam media penyimpanan elektronis


Contoh sebuah basis data


Database Mangement System (DBMS)


Selain itu, untuk mengelola dan memanggil query basis data agar dapat disajikan dalam berbagai bentuk yang diinginkan dibutuhkan perangkat lunak yang disebut Sistem Manajemen Basis Data atau juga disebut Database Management System (DBMS).


Penggabungan Database Management System (DBMS) dengan Basis Data akan membentuk satu kesatuan yang disebut Sistem Basis Data. Sistem Basis Data adalah suatu sistem penyusunan dan pengelolaan record-record dengan menggunakan komputer, dengan tujuan untuk menyimpan atau merekam serta memelihara data operasional lengkap sebuah organisasi/perusahaan sehingga mampu menyediakan informasi yang diperlukan pemakai untuk kepentingan proses pengambilan keputusan.


48 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page