top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

Yuzu Switch Emulator, Kini Bisa Bermain Game, Sonic 3 - 1 FPS


Yuzu Nintendo Switch Emulator, sejak debutnya pada bulan lalu yang belum bisa berbuat apa apa, untuk menjalan beberapa homebrew dasar saja masih belum mampu kini mengunjukkan giginya. Dengan memodalkan C++ ini semakin hari semakin terlihat perkembangannya.


Pada awal rilis, Yuzu emulator hanya dapat menampilkan homebrew yang mengimplementasikan fitur GPU yaitu 3D graphic. Hanya simbol { R } yang bergerak tak jelas kesana kemari. User yang ingin mencobanya pun diharuskan membuild sendiri karena Yuzu emulator belum merilis versi eksekusinya.

Hadirnya Nightly dan Canary Build

Selang beberapa minggu, Yuzu emulator merilis versi Nightly dan Canary Build yang hampir tiap beberapa jam dirilis. Sama seperti emulator yang juga dikembangkan oleh developer Yuzu, yaitu Citra Nintendo 3DS Emulator yang juga menghadirkan Nightly dan Canary Build.


Nightly Build adalah versi emulator yang sudah diriview dan ditest untuk menjalan ROM atau homebrew tertentu. Tentunya versi pengembangan ini masih membutuhkan support dari user untuk memberikan umpan balik berupa report jika terjadi bug.


Sedangkan Canary Build sendiri merupakan versi yang sama seperti Nightly Build namun memiliki beberapa fitur dan improvement tambahan. Versi ini sama sekali belum direview dan ditest sehingga jika sudah direview akan menjadi Nightly Build. Di versi ini user belum bisa mereport jika terjadi bug, jika terjadi bug atau crash maka disarankan untuk mencoba lagi di versi Nightly Build.


Kedua versi ini masih sangat dalam pengembangan, sehingga jangan kaget pasti akan bertemu dengan bug dan crash.


Booting Homebrew

Ada banyak jenis homebrew yang ada di Nintendo Switch. Salah satunya adalah Space Game NX yang dibuat oleh akun vgmoose untuk dapat dijalankan di Nintendo Switch versi firmware 3.0.0 kini sudah dapat di boot pada Yuzu Emulator. Walaupun kecepatannya masih belum dapat disandinkan dengan versi Nintendo Switch pada aslinya.



Selain itu, belum lama ini. RetroArch homebrew yang biasa hadir di berbagai konsol untuk dapat menjalankan game game Retro seperti namanya seperti SNES, NES, GBC, GBA, dan lain lain hadir di Nintendo Switch dengan firmware 3.0.0 juga beberapa diantaranya sudah dapat di boot di Yuzu Emulator.


Sonic 3, yang merupakan game yang dapat dijalankan di Nintendo Switch melalui RetroArch kini bisa dimainkan di PC dengan Yuzu Emulator. Walaupun masih sangat jauh dari kata playable mengingat game ini hanya bisa boot in game dengan 1 FPS. Bagi kalian yang ingin mendukung dengan memberikan report atau masih penasaran dengan emulator ini dapat langsung mengunduhnya melalui offical website dari Yuzu Emulator.


107 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page