top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

DamonPS2 Emulator Mencuri Kode dari PCSX2 ? Dihapus Playstore !


Bila kalian sering mengikuti perkembangan emulator saat ini, banyak hal hal yang terjadi. Kualitas emulator yang begitu berkembang pesat, mulai dari Cemu Nintendo Wii U emulator yang sudah support Multiple Core, RPCS3 PS3 Emulator yang memasuki versi 0.0.4 yang sudah mulai bisa menjalankan game ekslusif, hingga DamonPS2 Emulator yang kini booming dikalangan android sebab dapat menjalankan game PS2 dengan smooth walaupun dibutuhkan spesifikasi lebih.

DamonPS2 sendiri bukanlah open source yang bisa didapatkan cuma cuma, melainkan komersial dimana kalian harus membayar setidaknya 10$ USD di Google Playstore untuk dapat dimainkan di smartphone kalian. Jika kalian lihat Google Playstore, kalian tidak bisa menemukan DamonPS2, hal ini sudah terjadi sejak 5 hari yang lalu. Lalu apa penyebabnya ?

Tampilan DamonPS2 di Playstore sebelum dihapus

Namun, pernahkah kalian berfikir, "kok bisa ya, perasaan ini emulator baru muncul ? cepet amat playablenya" . Mungkin itulah yang terpikirkan oleh developer PCSX2 yang sama sama mengembangkan emulator PS2 di PC. Berbeda dengan DamonPS2, PCSX2 merupakan open source yang dapat kalian unduh secara gratis. Seluk demi seluk dilewati setelah di selidiki developer PCSX2 akhirnya menemukan bukti yang memperkuat rasa penasaran mereka.

Dimuat dari pcsx2.net, mereka memberikan pernyataan bahwa DamonPS2 mengambil beberapa aset dari PCSX2 untuk dapat menjalankan game PS2 di android. Tim PCSX2 menemukan sebuah file gameindex.gbf yang berada dalam DamonPS2 emulator yang berisi patch yang sangat jelas berasal dari PCSX2 dan hanya diperuntukan untuk PCSX2 itu sendiri.

Isi dari file gameindex.gbf

Salah satu isi gameindex.gbf

Bukan hanya itu ! PCSX2 menemukan beberapa bukti kuat, diantaranya

  • Menemukan string CDVD yang sama persis seperti yang ada di PCSX2;

  • Isi struktur folder yang sama dengan folder PCSX2

  • Bug yang terletak dan sama persis diantara kedua emulator tersebut.

Tentu dengan bekal bukti tersebut, DamonPS2 sudah melanggar GNU General Public License yang dilindungi oleh PCSX2. Pada awalnya pihak PCSX2 menawarkan dengan cara menghubungi langsung pihak DamonPS2 dan memberi waktu agar dapat diselesaikan secara damai. Namun tak disangka, DamonPS2 malah mengklaim bahwa mereka tidak mencuri source-code milik PCSX2. Mereka juga menawarkan sejumlah uang agar PCSX2 dapat diam menerimanya, tentu saja pihak PCSX2 menolak hal tersebut. Selain itu, DamonPS2 juga mengklaim akan berubah menjadi open-source jika sudah mencapai 80 Juta unduhan.

Alhasil, PCSX2 mengambil tindakan keras, yaitu mengambil DMCA untuk DamonPS2 di Google Playstore sehingga dapat di takedown dari situs tersebut. PCSX2 juga menekankan tindakan ini bukan berarti mereka iri atau dengki, justru mereka senang karena kini game PS2 dapat playable di android. Namun hukum tetaplah hukum, pelanggaran GNU tidak bisa dibiarkan dan memberikan tindakan yang sesuai.

Tampilan DamonPS2 setelah di takedown

Tak lupa, dalam situsnya juga PCSX2 memberikan ucapan terima kasih kepada seluruh pendukungnya sehingga emulator tersebut dapat berkembang hingga kini sejak 15 tahun yang lalu.

602 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page