top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

Cemu v.1.11.4 Versi Patreon Rilis ! Kurangi Penggunaan RAM


Setelah massive update pada awal tahun baru dimana Cemu Wii U Emulator sudah dapat menggunakan multiple core. Kini versi selanjutnya dari Cemu Wii U Emulator yaitu v.1.11.4 telah rilis untuk versi patreon.

Changelog v.1.11.4

# Cemu detailed changelog for 1.11.4

# Patreon release date: 2018-01-30

# Public release date: 2018-02-06


general: Cemu will now load shareddata system fonts from mlc01/sys/title/0005001b/10042400/content/ if available

general: Slightly reduced overall memory usage


rpl: Rewrote RPL loader from scratch for better accuracy

New memory base for modules is 0x02000000

coreinit: Fixed implementation of MCP_FullDeviceList to include disconnected devices

input: Fixed GamePad rumble not working for XInput


nn_nim: Partially implemented NIM API and added IOSU nim module


nn_boss: Fixed memory corruption during BOSS file download


nn_fp: Added API GetMyPrincipalId, GetMyAccountId, GetMyScreenName, GetMyMii, CheckSettingStatusAsync, UpdatePreferenceAsync, InitializeAdmin, IsInitializedAdmin

nn_fp: Added IOSU FPD module


drmapp: Added API NupChkIsFinished()


GX2: Added -nolegacy command line parameter to disable all Intel GPU workarounds

GX2: Updated bilinear and bicubic filter to avoid issues on Intel GPUs

GX2: Fixed rare infinite loop caused by drawcalls that referenced the same texture data more than once with incompatible formats

GX2: Added support for 2D_ARRAY textures in GetTextureResInfo shader instruction

GX2: Fixed _GX2AllocFromDefaultHeap incorrectly using MEMAllocFromDefaultHeap instead of MEMAllocFromDefaultHeapEx


Dari change log tersebut dapat disimpulkan ada beberapa update kompatibilitas untuk cemu versi 1.11.4 ini diantaranya yang sangat kelihatan adalah :

Pemakaian RAM yang lebih sedikit

"Slightly reduced overall memory usage". Dalam deskripsinya, developer Cemu yaitu Exzap mengklaim bahwa pemakaian RAM untuk beberapa game berat seperti The Legend of Zelda Breath of The Wild akan berkurang hingga 10% dari pendahulunya yaitu Cemu v1.11.3.

Grafik Fix untul Intel GPU

Bukan rahasia lagi, kalau intel GPU sangatlah lemah dalam menjalankan permainan permainan berat dibanding Nvidia ataupun AMD GPU. Di Cemu sendiri, jika dijalankan memakai GPU Intel, dampaknya grafik game menjadi bloom alias memutih atau terlalu cerah disamping banyak bug yang risih jika dilihat. Di versi baru ini sudah memperbaiki beberapa diantaranya, walaupun belum semua game telah teratasi.

Aktifnya Fitur Rumble pada Xinput

"Fixed GamePad rumble not working for XInput". Bagi pengguna gamepad dari Xbox atau pun game lainnya entah itu logitech dan kawan kawannya yang menggunakan XInput, fitur getar pada game telah aktif di versi ini.

Kompatibilitas Game

Tentunya, sebuah emulator konsol dituntut agar bisa menjalankan ribuan game yang hadir di konsol tersebut. Namun, itu bukanlah hal mudah, karena untuk memperbaiki satu game terkadang akan merusak kompabilitas game lainnya. Begitupun di Cemu, di versi sebelumnya seri game Tokyo Mirage Sessions FE yang merupakan cross game dari Shin Megami Tensei milik Atlus dengan Fire Emblem milik Nintendo pernah berhasil di boot di versi Cemu yang lawas. Namun makin kesini beberapa komtabilitas list wii u game menjadi hancur, banyak game yang gagal boot termasuk salah satunya game ini. Walaupun begitu seri game ini masih memiliki banyak grafik bug sehingga tidak disarankan untuk memainkannya terlebih dahulu.


Selain itu, ada game lainnya seperti Mario Party 10 yang berhasil masuk in game setelah lama menunggu dari awal versi Cemu. Meskipun sudah minim bug yang tersisa hanyalah audio bug, game yang direkomendasikan untuk bermain bersama teman teman lainnya baru dapat dimainkan single player di Cemu. Karena Cemu sendiri memiliki masalah dalam penggunaan Wiimote yang diharuskan pada mode multiplayer game tersebut.



Wii U Menu

Wii U Menu kini sudah dapat dijalankan di Cemu 1.11.4. Wii U Menu sendiri berisi daftar list game wii u yang terinstal, configurasi, daftar teman, dan lain lain untuk di konsol Nintendo Wii U. Namun sayangnya, meskipun sudah dapat dijalankan, fitur didalamnya belum compatible dengan Cemu emulator, sehingga membuatnya tak berarti apa apa.


Cemu versi 1.11.4 ini dapat kalian unduh sejak hari ini untuk yang versi patreon dengan membayar sebanyak $5 atau menunggu versi publiknya yang akan dirilis pada tanggal 6 Februari 2018 di cemu.info.


137 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page