top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

Nintendo Switch Emulator Telah Keluar ! Yuzu Emulator !


Nintendo Switch merupakan hybrid konsol dan handled yang merupakan terobosan terbesar tahun ini. Dengan game game eksklusifnya membuat gamer dari konsol lain atau pun PC merasa tergarami. Terlebih mengingat 2 game eksklusif dari Nintendo Switch, yaitu The Legend of Zelda Breath of The Wild dan Super Mario Odyssey masuk dalam nominasi Game of The Year. Tak dipungkiri, The Legend of Zelda Breath of The Wild merupakan best game karena memiliki banyak terobosan fitur baru bagi genre Open World. Tentu, untuk menjajal game game tersebut kalian diharuskan mempunyai Nintendo Switch. Lalu bagaimana yang tidak mempunyai konsol tersebut ?


Yuzu Emulator menjawab pertanyaan tersebut. Yuzu emulator adalah Nintendo Switch emulator yang baru saja berjalan dan masih dalam proses pengembangan. Emulator ini bersifat open-source dan dibawah lisensi GPLv2. Software ini dibuat menggunakan bahasa C ++ yang dibuat untuk PC yang berOS Windows, Linux dan Mac OS.


Project ini baru berjalan awal tahun 2017 kemarin, semenjak Nintendo Emulator dirilis oleh akun bunnei yang merupakan tokoh dibalik pembuatan Citra Nintendo 3DS emulator. Karena kemiripan arsitektur antara Nintendo 3DS dan Nintendo Switch, Yuzu kini menjadi project percabangan dari Citra emulator. Tentunya, dengan arsitektur yang mirip membuat developer Citra tidak terlalu kesulitan untuk mengembangkan Yuzu Emulator.


Project ini awalnya hanya dikerjakan oleh si bunnei saja secara pribadi akibatnya prosesnya juga berjalan dengan lambat. Namun sedikit demi sedikit namun pasti, bunnei membuat Yuzu Tim yang diambil dari beberapa developer Citra Emulator untuk dapat fokus dalam project terbarunya tersebut. Mengingat Citra Emulator kini sudah hampir stabil dalam menjalakan game Nintendo 3DS.



Nintendo Switch emulator ini dinamakan Yuzu Emulator yang berkaca dari nama Citra Emulator diambil dari nama jenis jeruk sitrus Junios. Yuzu sendiri merupakan bahasa Jepang dari Citrus Junios. Nama itu diambil karena developernya sama persis dengan Citra Emulator.


Namun, jangan harap game game ekslusif Nintendo Switch sudah dapat dijalankan saat ini. Kalian diharuskan bersabar untuk beberapa tahun lagi untuk dapat menjalankan game komersial tersebut. Dikutip dalam situs resminya, Yuzu Emulator mengatakan bahwa untuk saat ini emulator tersebut belum bisa menjalankan game game komersial, baru hanya dapat menjalankan homebrew dari Nintendo Switch yang akhir akhir ini baru saja dapat di dump. Selain itu, Yuzu juga mengklaim sudah dapat men-boot beberapa game dengan keberhasilan yg bervariasi. Ya, hanya sebatas boot, mengingat emulator ini belum mengimplementasikan fitur GPU untuk merender objek 3D. Namun itu merupakan progress yang cukup cepat mengingat konsol ini baru saja dirilis tahun kemarin.


Bagi kalian yang berminat untuk berkontribusi dan mendukung proses berjalannya emulator ini dapat mengunjungi situs resminya. Mengingat software ini bersifat open-source, tentu membutuhkan bantuan donasi untuk dapat berkembang. Namun bagi kalian yang ingin menjajal game The Legend of Zelda : Breath of The Wild bisa menggunakan Cemu Nintendo Wii U Emulator yang kini sudah stabil menjalankan game tersebut dengan resolusi 4K 60 FPS.


211 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page