top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

Perkenalkan PS Vita Emulator, Vita3K


Playstation Vita, handled yang sudah terkenal sejak awal rilis pada tahun 2011 lalu mungkin sudah tak asing bagi kalangan konsol gamer. Beberapa game eksklusif yang sering hadir di handled ini membuat kalangan lain merasa iri, terlebih akhir akhir ini banyak game yang sudah hadir di konsol PS3 dan PS4 hadir juga untuk versi PS Vita walaupun dengan grafik seadanya.


Walaupun kini sudah berumur hampir 7 tahun, PS Vita sangat jarang disentuh oleh kalangan pengembang emulator. Entah alasannya apa ? Apa mungkin kurang peminat ? kurangnya game eksklusif ? atau memang sistemnya sendiri yang sulit ditiru ? Berbanding terbalik dari perusahaan sebelah, Nintendo Switch yang baru saja belum 1 tahun genap umurnya, kini sudah terdapat emulatornya walaupun baru bisa mengangkat homebrew saja.


Vita3K - Playstation Vita Emulator

Kabar mengejutkan dari grup reddit r/emulation/, salah seorang user reddit/kingsato mengumumkan bahwa emulator PS Vita telah hadir untuk versi Windows dan Mac OS. Sama seperti Yuzu Emulator, Emulator Nintendo Switch yang baru saja memulai projectnya. Vita3K baru bisa menjalankan beberapa homebrew dari Playstation Vita itu sendiri. Tentunya, belum ada satu pun game komersial yang dapat dijalankan di emulator ini.


Dalam halaman githubnya, Vita3K mengklaim sudah dapat menjalankan homebrew dengan format .vpk diantaranya :

VitaQuake by Rinnegatamante


VitaTester by SMOKE5


Belum ada versi file yang siap digunakan untuk emulator Vita3K. Mengingat Yuzu Emulator sudah menyediakan versi Nightly dan Canary Build. Jika penasaran, kalian bisa menggunakan CMake untuk membuildnya di Windows atau MacOS kalian dengan mengunduh filenya di halaman github Vita3K.


485 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page