top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

Shaderutils v4 tool rilis ! Bersihkan gaps dalam Cemu Shadercache !


Bagi new user di Cemu Wii U Emulator mungkin masih asing dengan file yang namanya shader cache. Shader Cache adalah fitur untuk menyimpan sebuah data shader yang telah di load saat bermain game sebelumnya, agar bisa dipakai kembali data shader tersebut. Sistem ini sudah lama terpasang di emulator ini maupun emulator PS3 RPCS3 yang sama sama mengusung shader cache.


Dengan adanya ini, Cemu tidak perlu bekerja keras untuk merender visual untuk setiap kalinya. Memang jika kalian baru menjalankan game berat di Cemu Wii U Emulator tanpa adanya shader cache, kalian akan mengalami shutter yang mungkin akan sangat menganggu disaat asik asinya bermain. Apalagi jika sedang bertarung dengan Lynel eh pas lagi ingin parry attack shutter pun menyerang, alhasil timing pun menjadi tidak pas.

Untungnya, kalian tidak perlu repot repot untuk mengcompile semua shader cache yang ada di game ini. Ada banyak versi shader cache yang bertebaran di google, mulai dari yang 8K hingga 16K shader cache. Namun tahu kah anda ? Terkadang shader cache yang over seperti 16K shader cache itu tidak sepenuhnya milik game Zelda : BoTW ? Tahukah Anda jika terkadang banyak shader cache yang mempunyai gaps maupun duplikat shader yang pada ujung ujungnya membuat PC anda harus mengcompile kembali sehingga shutter pun datang lagi ?


Ya, sebenarnya yang mengatakan 100% Shader Cache tidak sepenuhnya 100%, terkadang ketika anda meload gamenya di PC kalian, dan jumlahnya bertambah hal itu berarti 2 hal :

1. Karena memang belum 100% jadi ada shader baru yang di compile

2. Terjadi gaps dan adanya duplikat shader cache


Kabar gembiranya, ada sebuah alat yang bisa kalian unduh secara cuma cuma yang dapat menghilangkan gaps ataupun duplikat dari shadercache, sehingga ukuran pun menjadi lebih kecil. Selain itu kalian bisa merge beberapa shader cache yang kalian unduh untuk dapat disatukan sehingga menjadi benar benar 100% shader cache. Di Shaderutils v4 menambahkan fitur unpack sehingga bagi kalian yang ingin debug shader cache bisa digunakan.




Di rilis pada 2 versi kalian bisa mengunduhnya gratis disini.

1. File .py untuk OS Linux yang dapat bekerja di Python 2 dan 3

2. Fie .exe bagi user Windows yang malas untuk instal Python.


Selamat bermain tanpa shutter lagi :D

286 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page