top of page
Gambar penulisSyekh Syihabuddin A. U.

DamonPS2 Akan Hadir Kembali, Membantah Pernyataan PCSX2


Kabar tentang DamonPS2 yang mengambil source code dari PCSX2 yang sama sama mengemulasikan game Playstation 2 namun berbeda platform ini memang sudah tak asing lagi. Sebelumnya, tim PCSX2 membuat statement yang berisi bukti bukti bahwa DamonPS2 mencuri kode dari PCSX2. Namun, DamonPS2 membantah bahwa mereka melakukan hal tersebut.


Pernyataan Balik DamonPS2

Dalam akun facebooknya. DamonPS2 membuat pernyataan balik terkait hal yang terjadi pada mereka. Mulai dari gameindex.gbf , mereka menjelaskan bahwa file ini hanyalah index yang hanya berisi nomor seri dan nama game game yang ada di PS 2. Akhirnya tim DamonPS2 pun menghapus file kontroversial tersebut. Selain itu DamonPS2 juga mengaku ada file file def pada versi lama mereka, namun jika kalian membongkar kembali file terbaru ( sebelum di takedown google ) maka tidak akan menemukan lagi file tersebut.


DamonPS2 juga sedikit curhat mengenai penghasilannya untuk program berbayar ini. Dari setiap $10 yang terjual pada setiap akun, mereka hanya mendapatkan sekitar $2,4 saja yang dapat diperoleh untuk para developernya. Sisanya dipotong mulai dari pendapatan Google sendiri hingga pajak negara China yang harus ditanggungnya.

Mengenai bug yang mirip dengan bug pada PCSX2, DamonPS2 menyatakan bahwa mereka menggunakan prinsip "black box test" dimana PS2 dan PCSX2 hanya dijadikan model referensi sehingga beberapa bug yang ada di PCSX2 akan ada di DamonPS2. Mereka tidak mencuri kode apapun dari PCSX2.


Serangan Balik DamonPS2

Alih alih berminta maaf, developer DamonPS2 malah memberikan penyataan balik untuk PCSX2. Setelah mereka membaca semua komentar dari PCSX2 Development Team, mereka menyatakan sudah tidak ada tim PCSX2 yang tahu pengetahuan teknis pengembangan emulator. Developer PCSX2 yang ahli dalam pengembangan emulator PS2 yang dulu sudah tidak lagi mengembangkan PCSX2, yang tersisa hanyalah pengelola web dan developer luar lainnya. Ini dapat menjelaskan bahwa dev PCSX2 hingga kini belum dapat memigrasikan PCSX2 ke platform lain khususnya Android. Selain itu, hingga saat ini belum ada build khusus dari PCSX2 untuk dioptimalkan kepada 64 bit user. PCSX2 hanya menyediakan versi x86 atau versi 32 bit.


DamonPS2 justru berterima kasih atas tindakan PCSX2 yang membuat statement pada halamannya. Setelah kejadian tersebut, nama DamonPS2 semakin dikenal dan pengunjung pada halaman facebooknya meningkat 3x lipat. Mereka mengatakan bahwa developer PCSX2 telah berbohong dan iri terhadap pencapaian dari DamonPS2. Tentu, pernyataan ini sangat berbanding terbalik dibandingkan apa yang dikatakan oleh developer PCSX2.


DamonPS2 Hadir Kembali di Playstore

Setelah dibanned oleh Google Playstore dimana ada perbedaan pendapat mengenai alasan mengapa DamonPS2 dihapus dalam database Playstore. PCSX2 mengaku kejadian tersebut merupakan akibat tindakannya yang melaporkan pencurian source code oleh DamonPS2. Namun, DamonPS2 sendiri mengaku aplikasinya dihapus bukanlah oleh sebab itu, melainkan deskripsi pada halaman aplikasi dianggap ilegal karena mengandung beberapa daftar nama game PS2 sehingga menimbulkan masalah copyright dari pemilik game tersebut.


Tak disangka, Senin ( 22/01/2018 ) DamonPS2 menyatakan bahwa aplikasi DamonPS2 versi berbayar akan hadir kembali di Playstore dalam 72 jam. Artinya, aplikasi tersebut akan tampil kembali mulai hari Rabu ( 24/01/2018 ).

Pernyataan DamonPS2 terkait Kembalinya Aplikasi DamonPS2

Selain itu, mereka juga menyatakan akan merilis versi gratisnya dengan disertai iklan yang akan rilis tidak lebih dari tanggal 15 bulan depan. Dengan hadir kembalinya DamonPS2, versi baru ini memiliki beberapa fitur baru diantaranya read-write memory card function, semakin sedikit Bug, dan beberapa versi seperti versi Jepang, Korea, Spanyol, dan Portugis. Dalam setahun DamonPS2 menargetkan "Double 90" yaitu :

  • 90% dari semua PS2 game berjalan dengan lancar di DamonPS2 ( dengan sempurna, tanpa texture error, tanpa polygon error, tanpa sound glitch, tanpa masalah lainnya.

  • 90% dari semua PS2 game dapat berjalan dengan full framerates ( 60 FPS ) pada Qualcomm 660 device ( atau di atasnya ).

537 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page